Selasa, 04 September 2012

Introducing Violet Cheerleader 1

Hai! Sudah lama tak berjumpa. Lol
Pertama-tama saya malas untuk menuliskan soal 'OSPEK' saya pada 1 minggu sebelum lebaran kemarin.
Sangat membosankan.
Oh iya, Selamat Idul Fitri! Mohon maaf lahir batin ya :D

Kali ini saya mau memperkenalkan ekstrakulikuler terkenal di sekolah saya, yaitu Cheerleading atau bisa disebut pula Cheerleader.
Baru kepikiran buat memperkenalin mereka sekarang. Padahal para anggota seniornya sekarang yang dikenal udah pada kuliah.
Oke langsung aja.

Sejarah Cheerleader di sekolah saya, SMA NEGERI 7 SURAKARTA. Violet Cheerleader. Yang sudah berdiri sejak tahun 19.. ah saya lupa... :|
Mungkin dahulu formasi mereka belum sepenuhnya Cheers, bisa disebut Cheers+Dance = Cheerleadance.
Ekstrakulikuler Cheerleader ini bernama Violet. Dari dulu nama itu sudah terkenal di kalangan SMA N 7. Termasuk sekolah-sekolah negri maupun swasta di Solo. Ekstrakulikuler ini adalah ekstrakulikuler Cheerleader pertama di kota Solo pada jaman dahulu. Tim Violet ini pun formasinya ada 2, ada Violet Cheers dan Violet Dance. Baik formasi Cheers maupun Dance, mereka sering memenangkan lomba-lomba yang diselenggarakan di kota Solo. Berbagai piala pun sudah terlihat di rak piala yang terletak di lobi depan  SMA N 7. Bisa disebut ekstrakulikuler yang membanggakan nama SMA N 7 SKA ini.
Kebetulan saya mempunyai beberapa teman dan mereka termasuk anggota Cheerleader dari tahun 2009-2012 (kelas 1-lulus) jadi saya mendapatkan beberapa informasi dan beberapa kisah menarik tentang Cheerleader di SMA N 7 ini.

Violet Cheerleadance, itu formasi nama mereka pada tahun 2009. Mengikuti ajang lomba POP MIE CHEERLEADANCE 2009-2010 tahap penyelisihan di kota Yogyakarta dan memenangkan juara 1 se-Jawa Tengah. Setelah itu mereka maju ke babak Final di kota Jakarta. Ada 7 finalis yang lolos dari tahap penyelisihan di kota-kota lainnya. Sayangnya di babak Final ini mereka mendapat juara 7/juara terakhir. Mungkin penyebab kekalahan itu dikarenakan beberapa hal. Tapi tetap membanggakan karena sudah membawa nama SMA N 7 SKA ke babak Final POP MIE CHEERLEADANCE itu. :)






Tim Violet ini tidak hanya mengikuti lomba-lomba saja, mereka juga pernah mengisi acara pensi di salah satu SMA Negeri di Solo yaitu SMA N 5 SKA. Selalu mengisi acara-acara di dalam sekolah seperti pada perkenalan murid baru (MOS), Pensi besar, Pensi kecil, Dsb. Selain itu mereka pun juga kerap dibanjiri job untuk mengisi acara di luar sekolah (selain pensi).

Pada pertengahan tahun 2010 sekitar bulan Juni, mereka mengikuti Duta Seni Pelajar Se-Jawa Bali. Tidak hanya Violet Cheers yang mengikuti acara itu, tapi dari SMK 8 SKA pun turut mengikuti acara itu. Acara besar itu seperti acara apresiasi seni pelajar-pelajar senusantara yang di selenggarakan di Solo. Mereka menginap di The Sunan Hotel Solo untuk mengikuti suatu bimbingan. Berlatih bersama anak-anak dari sekolah lain, berlatih tari pastinya. Dan nanti hasil dari latihan Violet Cheers bersama sekolah-sekolah lain itu akan di pertunjukkan di Sebuah Gedung Kesenian di Solo. Mereka begitu bangga bisa mengikuti acara itu.





Pada tahun 2010 akhir tim Violet Cheers ini ikut berpartisipasi pula dalam pembukaan Liga Per-Sepak Bolaan Indonesia (LPI). Mereka dibayar dalam mengikuti job dari LPI ini yang kebetulan pembukaannya di laksanakan di Stadion Mahanan, Solo. Dalam beberapa hari mereka mengikuti latihan tari bersama beberapa ratus peserta lainnya yang jumlahnya ada 200 anak (200 anak untuk kelompok tari barisan depan). Dan hasilnya.. Hebat! 200 anak menari dengan bagusnya dan kompak. Saat hari H, Violet Cheers memakai pakaian yang disediakan dari panitia berwarna hijau muda. Cuplikannya bisa dilihat di Youtube.

Tahun 2011 adalah tahun dimana Violet Cheers ini mendapat banyak job dan lomba besar yang mengubah formasi mereka dari Cheerleadance menjadi Cheerleader. Pure Cheerleader. Dengan beranggotakan 13 orang yang terdiri dari 5 orang anak kelas 2 dan 8 orang anak kelas 1.

Tanggal 16 April 2011 di kota Semarang akan diadakan National Cheerleading Championship (NCC) 2011. Sejak kira-kira 2/3 bulan sebelum kabar lomba itu beredar, Violet Cheers ini menyewa pelatih yang bernama Owi dari kota Surabaya untuk melatih mereka mempersiapkan lomba itu. Mungkin saat ini bagi Violet, lomba ini benar-benar lomba besar yang sangat berarti bagi karir mereka dan mereka harus memenangkannya. Karena sebelumnya mereka belum pure Cheerleader, saat dilatih owi bisa di bilang mereka cukup kelelahan dengan latihan yang rutin dan berat (bagi saya pemanasannya melebihi pemanasan di permainan basket). Sampai-sampai saat cuaca kurang mendukung mereka tetap datang untuk latihan. Salah satu teman saya pun masuk ke Rumah Sakit karena penyakit backpain nya sampai harus di suruh istirahat selama 3 bulan saja dia biarkan untuk lomba ini. Lomba ini benar-benar bisa dibilang menjadi prioritas terpenting mereka saat itu.
Dan hasilnya pada saat hari H di Gor Satria, Semarang, mereka tampil dengan baik sekali. Violet Cheerleaders mengerahkan semua kemampuan mereka saat mereka tampil. Saya sampai kagum melihat mereka yang sudah berjuang dari 0-sekarang ini, sampai menjadi benar-benar tim Cheerleader. Walaupun melihat dari perserta lain mungkin Violet adalah tim yang beranggotakan paling sedikit. Tapi tidak mempengaruhi mental optimisme mereka.
Tanpa terduga saat hasil pengumuman juara di umumkan, Violet Cheerleader tidak menempati juara di ajang itu. Jujur saya pun kaget mendengarnya. Saya yakin saat mereka tahu bahwa mereka tidak menang itu adalah saat-saat paling mengecewakan terbesar mereka. Setelah dapat beberapa informasi, ternyata mereka menempati posisi 4. Saya sendiri tidak tau dimana kekurangn mereka sampai mereka kekurangn poin seperti itu. Tetepi yang penting mereka sudah ikut berpartisipasi dan masih tetap membanggakan nama SMA N 7 SKA.

Ini cuplikan video saat mereka tampil di NCC 2011.







Tidak lama setelah NCC berakhir, pada bulan Mei 2011 Violet Cheers mendapat job tampil dalam acara Ulang Tahun Car Free Day Solo. Bertemu dengan Pak Jokowi yang membuka acara tersebut. 







Pada bulan Juni 2011, Violet Cheerleader mengisi acara Pensi SMA N 7 SKA yang bertema 'Seven Seas Seven Wonders'. Dalam acara itu Violet menampilkan 3 bagian, yaitu Violet Dance, Violet Cheerleader (angkatan 1-2), dan Violet Cheerleader (angkatan 2-3). Benar-benar pertunjukan yang menarik.


Violet Dance

Violet Cheerleader (1,2,3)

Violet Cheerleader (1,2,3)

Violet Cheerleader (1,2,3)


Terakhir, pada awal tahun 2012 Violet Cheerleader mendapat job lagi untuk bermain sebagai pemandu sorak tim sepak bola dalam sebuat film yang berjudul Hari Ini Pasti Menang. Casting film itu dilakukan beberapa hari di Stadion Manahan, Solo. Sempat membuat ramai gara-gara para suporter Pasoepati yang lewat di jalanan. Sangat beruntung menjadi mereka karena dapat mengikuti casting yang cuma menjadi pemandu sorak tetapi bisa bertemu dan berfoto bareng dengan artis ternama, Ibnu Jamil.

Ini cuplikan video prodiction diary filmnya, Violet Cheerleader muncul pada menit ke 1:50 - 1:55. Lumayan.







Dan setelah itu karena kami sudah kelas 3 SMA, kami mencoba fokus untuk mengikuti Ujian Nasional terlebih dahulu. Itulah sebagian perkenalan dari Violet Cheerleader SMA N 7 SKA. Terima kasih. :)



1 komentar:

  1. K A G U M

    iseng2 nyari profil cheearleader buat sebuah event dan nemulah ini. .
    thx walaupun tulisan lama sangant membantu sekali

    BalasHapus